8 Khasiat Buah dan Kulitnya Jika Dikonsumsi - Wenamoyo.com

Terbaru

Rabu, Februari 19, 2020

8 Khasiat Buah dan Kulitnya Jika Dikonsumsi


Mengonsumsi buah beserta kulitnya sebenarnya memiliki manfaat memberikan nutrisi dan gizi yang lebih banyak untuk tubuh. Namun tentunya hal ini berlaku bagi beberapa buah saja dan ada pula yang tidak bisa dikonsumsi, seperti kulit mangga, kulit pisang dan kulit semangka.

Kandungan nutrisi buah memang tidak perlu diragukan lagi. Kandungan yang dimilikinya bisa mencukupi kebutuhan gizi alami tanpa efek samping berbahaya. Kandungan air dalam daging buah bisa menguap jika sudah dikupas. Menyebabkan beberapa kandungan nutrisi berkurang dan pH berubah.

Berikut manfaat konsumsi buah beserta kulitnya yang telah rangkum dari berbagai sumber.

1. Lebih Kaya Serat

Salah satu buah yang bisa memberi Anda manfaat lebih ialah apel dan mentimun. Kandungan serat alami yang baik untuk mencegah sembelit, memperkuat sistem imun, mencegah gula darah naik, mengurangi tekanan darah dan menurunkan kolesterol.

Dalam satu buah apel ukuran sedang terdapat 4,4 gram serat. Serat alami membuat perut jadi kenyang lebih lama, karena mampu mengurangi asupan kalori yang dikonsumsi, tentunya Anda bisa mendapat bonus menu sehat diet. Pectin selaku jenis serat larut air yang berperan menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol gula darah. Senyawa pectin dapat Anda peroleh dari konsumsi buah raspberry, stroberi, blackberry, ceri, anggur, persik, aple, dan jeruk.

2. Lebih Banyak Vitamin

Manfaat konsumsi buah beserta kulit selanjutnya ialah memberi tubuh Anda lebih banyak vitamin. Seperti yang terkandung dari buah mangga, apel, pir, dan berbagai jenis buah lain yang bisa dikonsumsi kulitnya.

Dari kulit mangga sendiri saja Anda bisa mendapat nutrisi vitamin A, C dan E. Berbagai vitamin dari buah beserta kulitnya tersebut memberi manfaat bagi kesehatan kulit Anda, melancarkan peredaran darah, obat cacing alami, dan mengatasi diabetes.

Dikutip dari hellosehat.com, jika Anda konsumsi satu buah apel beserta kulitnya, maka mendapat vitamin K lebih dari 332 persen, vitamin C 142 persen lebih banyak, kalsium lebih dari 20 persen, dan kalium 19 persen lebih banyak, dibanding apel yang dikupas.

3. Mencegah Kanker

Manfaat konsumsi buah beserta kulit berikutnya ternyata sangat baik untuk mencegah kanker. Sebuah riset dari Universitas Cornell menunjukkan, terdapat kandungan triterpenoid pada kulit apel. Kandungan tersebut berperan untuk membunuh sel kanker, terutama penyebab kanker usus besar, liver, dan payudara.

Contoh selanjutnya manfaat dari kulit lemon juga bisa mencegah kanker karena kandungan vitamin C yang tinggi, senyawa pektin, potassium dan antioksidan. Kandungan baik dari kulit lemon juga mampu memperkuat tulang dan gigi, serta menurunkan kolesterol jahat.

4. Tinggi Antioksidan

Melansir dari hellosehat.com bahwa sebuah penelitian membuktikan bahwa antioksidan yang terkandung dari buah lebih terkonsentrasi pada bagian kulitnya. Hasil studi lain menemukan tingkat antioksidan dari kulit buah bisa mencapai 328 kali lebih tinggi.

Antioksidan yang tinggi dalam tubuh tentunya menjadi pencegah kanker tadi, berperan melawan radikal bebas, serangan jantung, hipertensi, stroke, tukak lambung, aterosklerosis, penyakit Alzheimer, dan Parkinson.

Selanjutnya kandungan antioksidan dan lutein dari kulit pisang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan mengatasi infeksi mata. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kulit buah sebagai masker dan perawatan tubuh, untuk mendapatkan kulit sehat, halus, serta lebih cerah.

5. Sumber Mineral
Manfaat konsumsi buah beserta kulitnya memberikan Anda lebih banyak mineral. Kandungan mineral dari buah berperan dalam menguatkan tulang, memproduksi sel darah merah, meregulasi pertumbuhan sel, serta pembentukan energi.

Dari hasil riset oleh Universitas Illinois menunjukkan bahwa kandungan mineral dari konsumsi buah beserta kulitnya, berupa potassium, asam folat, kalsium, fosfor, dan zat besi.

6. Membantu Atasi Masalah Pernafasan

Dimulai dari kandungan pada kulit apel berupa quercetin, bila dibandingkan daging buahnya saja. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi lima buah apel beserta kulitnya, memiliki fungsi paru-paru yang lebih sehat, serta menurunkan risiko asma.

Selain itu ternyata kandungan dari kulit jeruk juga berperan mengatasi masalah pernafasan, serta kesehatan mulut dan tenggorokan.

7. Mencegah Obesitas

Manfaat konsumsi buah beserta kulitnya yakni mencegah obesitas, bukan hanya berasal dari kandungan seratnya, tetapi juga peran dari ursolic acid. Ursolic acid sejenis kandungan esensial yang melawan obesitas, serta meningkatkan lemak otot dengan merubah kalori terbakar.

8. Antiinflamasi

Salah satu manfaat konsumsi buah beserta kulit selanjutnya diperoleh dari kulit nanas sebagai antiinflamasi. Anda bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara meminum air seduhan kulit nanas yang sudah dibersihkan. Selain itu kulit nanas bermanfaat pula sebagai pereda demam, mengurangi radang, asam urat, dan mengatasi perut kembung.

Itulah beberapa manfaat konsumsi buah beserta kulitnya yang memberikan nutrisi lebih banyak dibanding daging buahnya saja. Pastikan Anda konsumsi buah yang memang bisa dimakan langsung atau membutuhkan proses pengolahan tersendiri. Lalu ingat untuk mencuci bersih buah dari pestisida dan lilin pelapis diluarnya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Halaman